Terinspirasi dari "Hukum Kekekalan Energi" Albert Einstein, saya
membuat formula yang bernama "Hukum Kekekalan Pengusaha" dengan isi
yang berbeda.
E = MC2
E: Pengusaha, M: Mindset, C: Courage, C: Creativity
Menurut pendapat saya, Pengusaha dibentuk olehMindset, Courage & Creativity.
Poin pertama adalahmindset(pola pikir). Ini hal yang sangat krusial
dan substansial. Pengusahais about a mindset, not a job.Karakteristik
dasar pengusaha sukses adalah tentang bagaimana mengelola sebuah
mindset (pola pikir). Hal ini sangat krusial karena sebuah puncak
kesuksesan muaranya berasal dari sebuah pola pikir.
Sehingga, siapapun sebenarnya bisa menjadi pengusaha, baik karyawan,
guru, arsitek, bahkan tukang sapu sekalipun!
Pola pikir yang benar menjadikan seorang pengusaha berada selangkah di
depan menuju kesuksesan. Untuk itu, agar berhasil dalam bisnis, Anda
harus mulai mengatur pola berpikir dan bertindak sebagai seorang
Setiap pengusaha harus mempunyai pola pikir yang benar karena
perjalanan menuju kesuksesan tidaklah mudah dan penuh dengan
rintangan. Seperti sebuah pesawat yang mengalamiturbulencesaat sedang
masuk awan, disitulah ketenangan dan kematangan seorang pilot diuji
dalam mengendalikan sang burung besi di udara. Pilot itu bisa
diibaratkan sebagai seorang pengusaha yang sedang berjuang membangun
bisnis dan menghadapi berbagai macam tekanan dan tantangan.
Poin kedua adalahcourage(keberanian). Seorang pengusaha harus memiliki
dua keberanian dalam dirinya, yaitu berani bertindak dan berani
berkomitmen. Sehebat dan sebagus apapun rencana bisnis yang dibuat,
tidak akan ada hasilnya kalau tidak diikuti dengan sebuah tindakan.
Jika Anda memberikan usaha yang maksimal, maka hasilnya pun pasti akan
maksimal. Namun jika usaha Anda hanya setengah-setengah, jangan kaget
kalau hasilnya bisa jauh lebih buruk dari yang diperkirakan.
Ada ungkapan yang mengatakan bahwa 1 persen tindakan jauh lebih
penting dibanding 99 persen rencana. Oleh karena itu, jika memang
berniat dan bertekad menjadi seorang pengusaha, maka pastikan Anda
menjalankannya segenap hati dan dengan penuh kesungguhan. Kalau tidak,
Anda hanya membuang waktu dan energi saja.
Selanjutnya adalah berani berkomitmen. Sehebat apapun tantangan dan
rintangan yang menghadang, seorang pengusaha tangguh harus terus maju
dan melangkah. Selalu ingatkan diri, mengapa waktu itu Anda memutuskan
untuk menjadi seorang pengusaha. Apa saja komitmen awal Anda dalam
menjalankan bisnis tersebut. Jadikan itu semangat untuk terus berbuat
yang terbaik, karena komitmen adalah salah satu kunci sukses dalam
berbisnis.
Tanpa adanya komitmen, bisa dipastikan sebuah bisnis tidak akan
bertahan lama. Komitmen dalam konteks bisnis berkaitan erat dengan
janji, waktu, keuangan, tenaga, dan pikiran kepada semua stakeholder
yang terlibat (partner bisnis, investor, karyawan, pemerintah, pelaku
usaha bisnis lainnya, dll).
Tantangan yang umumnya terjadi dalam dunia usaha diantaranya adalah
hambatan dari persaingan bisnis, karyawan, produksi, pemasaran, dan
yang paling sering terjadi adalah tantangan yang berhubungan dengan
aspek finansial seperti kerugian, hutang dan macetnyacash flowyang
merupakan darah dalam bisnis.
Untuk menghadapi itu semua, seorang pengusaha harus memiliki ketahanan
fisik dan mental yang kuat agar membentuk kepribadiannya menjadi
seseorang yang tangguh dan tahan banting, serta selalu siap menghadapi
kemungkinan terburuk apapun. Jika mental dan sikap seperti itu yang
dimiliki, InshaAllah seberat apapun tantangan yang dihadapi, pasti
akan bisa dilalui.
Poin ketiga adalahcreativity(kreativitas). Pengusaha harus jeli
melihat setiap peluang sekecil apapun dan mengolahnya menjadi suatu
bisnis yang bukan hanya profitable, namun jugasustainable.Jadi cara
berpikirnya jangan hanya keuntungan jangka pendek, tapi berpikir
jangka panjang agar bagaimana bisnis yang dijalankan bisa menjadi
mesin uang di masa depan.
Setiap bisnis hebat harus bisa menjadi mesin uang bagi pemiliknya.
Tentu itu membutuhkan proses, dan kreativitas memegang peranan penting
untuk membuat sistem mesin uang tersebut dapat terus berjalan di
tengah persaingan yang semakin ketat. Contohnya adalah Google dan
McDonald's yang sudah memiliki sebuah mesin uang
yangprofitabledansustainable.
Juga tak kalah pentingnya adalah kreativitas dalam mencari solusi dari
setiap masalah yang muncul. Realitas menunjukkan bahwa semua pengusaha
sukses di masa-masa tertentu pasti pernah mengalami goncangan hebat
dalam bisnisnya. Jika itu terjadi maka bersyukurlah, karena itu sebuah
prosesupgradingatau kenaikan tingkat yang akan membawa ke level yang
lebih tinggi.
Kreativitas tidak turun dari langit dan bisa dipelajari oleh semua
pengusaha asalkan mau terus belajar dan memperbaiki kekurangan.
Kreativitas akan terus mengasah otak Anda karena setiap masalah baru
yang muncul tidak mungkin diselesaikan dengan cara lama. Seperti yang
pernah disampaikan Albert Einstein,"We cannot solve a problem by using
the same kind of thinking we used when we created them."
Penulis : Muhammad Saad
Sumber : Kompas.com
No comments:
Post a Comment